Tuesday, March 11, 2014

kanker tenggorokan

 Kanker Tenggorokan : Batuk terus menerus, suara serak dan parau. Kanker Tenggorokan atau Kanker Tiroid biasanya berkembang pada permukaan mukosa, laring, faring atau mulut. Ciri-ciri yang paling gampang dilihat pada kanker tenggorokan adalah adanya benjolan atau bintil di leher. Gejala yang muncul dari kanker ini bervariasi tergantung dari jenis kanker tiroid itu sendiri. Meskipun penyakit ini bisa dibilang jarang, namun ada baiknya kita mengenal gejala-gejala awal kemunculan kanker tiroid.
Meskipun semua benjolan bukan kanker, tapi benjolan di hidung patut anda waspadai karena merupakan tanda awal kanker tenggorokan. Kanker ini biasanya dimulai dari hidung lalu menyebar ke seluruh tubuh. Kemudian akan terlihat bejolan di dasar leher dan menyebar ke kelenjar getah bening di leher. Jika benjolan berlangsung lebih dari satu minggu maka anda wajib berkonsultasi dengan spesialis. Benjolan ini memang tidak meyakitkan tapi cenderung akan membesar dan menyebabkan kanker tenggorokan.
Gejala berikutnya dari kanker tenggorokan adalah munculnya perubahan suara atau suara anda menjadi serak. Apabila ini berlangsung lebih dari seminggu maka anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter yang tepat. Ada baiknya anda mencari seorang Otolaryngologist. Otolaryngologist adalah spesialis di bidang kepala dan leher yang dapat mengenali perubahan vokal atau kemunculan kanker. Pemeriksaan dapat dilakukan tanpa banyak rasa sakit. Tidak semua perbahan suara merupakan gejala kanker tenggorokan, tapi tak ada salahnya untuk waspada.

No comments:

Post a Comment