Wednesday, February 12, 2014

permainan gajah ngamuk

1.Ide permainan
Permainan gajah ngamuk adalah bentuk permainan yang dapat dilakukan oleh siapa pun dan berapa pun jumlah permainannya.permainan ini termasud permainan yang mengandalkan keseimbangan dan kecepatan.permainan yang mengandalkan keseimbangan dan kecepatan.permainan ini bukan permainan beregu yang dilakukan dalam bentuk perlombaan dan kompetensi.ada pun sarana dan prasaran dalam permainan ini memerlukan lapangan atau kawasan bermain yang setidaknya cukup luas tergantung dengan jumlah pemain,karena permainan ini merupakan ajang kejar tangkap.
2.Manfaat dan tujuan
Adapun manfaat dan tujuan permainan ini diantaranya adalah;
a) Memberikan aktivitas gerak dan meningkatkan kesegaran jasmani.
b) Melatih kelincahan dan keseimbangan.
c) Memberikan kesenangan yang bersifat hiburan.
3.Unsur yang terkandung dalam permainan
a.Kognitif
Secara afektif dapat mengembangkan konsentrasi saat bermain yaitu memperkirakan pergerakan lawan kearah mana akan bergerak.selain itu,nilai afektif yang didapat yaitu dapat memperhitungkan kecepatan lawan saat bergerak.dari nilai afektif yang didapat akan melatih pola piker untuk membuat suatu strategi dalam bermain.
b.Afektif
Nilai kognitif yang terkandung didalam permainan yaitu sportifitas saat bermain,kesabaran,emosi,saat menentukan strategi yang baik dan rasa solidaritas yang tingi.
c.Psikomotor
Nilai psikomotor dalam permainan ini yaitu dapat meningkatkan keterampilan gerak seperti kelincahan,keseimbangan,kecepatan,dan ketahanan.
d.Sosial
Nilai sosial yang terkandung didalamnya adalah kerjasama antara pemain yang berperan menjadi gajah (gajah utama) dengan pemain gajah kedua dan kerjasama antara mangsa saat mengecoh gajah.
4.Cara bermain
Jumlah pemain dalam permainan ini bebas,namun bisa saja dalam permainan gajah ngamuk ini menampilkan kelompok yang lebih kecil.dalam suatu kelompok bisa dimainkan 5 orang,diantara kelima pemain ada satu pemain yang berperan sebagai gajah yang bertujuan mencari mangsa dengan cara menyentuh atau menangkap pemain lainnya.si gajah menangkap pemain yang lain dengan keadaan salah satu tangan dilipat dan memegang telinga.sementara itu pemain lain berusaha mengelak dan melarikan diri dari serangan si gajah.jika salah satu dari mereka tersentuh oleh sih gajah,maka secara otomatis dia berubah menjadi gajah dan mempunyai tujuan yang sama dengan gajah yang sebelumnya yaitu mengejar dan menangkap mangsa.apabila semua pemain telah tertangkap dan menjadi gajah.maka permainan berakhir dan permainan akan dimulai lagi dengan melakukan suit.jika salah satu pemain kalah dalam bersuit maka dialah yang akan menjadi gajah.selain itu,kawasan atau lapangan bermain akan dibatasi dengan menggunakan patok (kun).si gajah dan mangsanya hanya boleh beraksi dalam kawasan yang dibatasin tersebut.
5.Aturan permainan
Adapun peraturan dalam permainan ini sederhana sekali,yaitu si gajah hanya boleh menyentuh bahu pemain (mangsa) dan tidak boleh memukul,mendorong,bersifat kasar kepada sesama pemain.selain itu gajah menangkap mangsanya dengan cara salah satu tangan dilipat kebawah siku tangan yang diluruskan hingga menyentuh telingga.
6.Skema permainan atau gambar permainan
Penjelasan;
a) Pemain yang menjadi gajah berusaha mengejar mangsa (pemain lari).
b) Pemain yang menjadi mangsa berusaha mengelak dan melarikan diri dari kejaran sih gajah.
Penjelasan;
a) Pemain yang menjadi gajah berhasil menangkap salah satu pemain(mangsa).
b) Pemain yang lain berusaha menyelamatkan diri dari kejaran gajah.
c) Selain itu pemain (mangsa) terkejut karena melihat sih gajah telah menangkap mangsa.pemain tersebut tampak kebingungan mencari arah menyelamatkan diri.
Penjelasan;
a) Pemain yang tertangkap secara otomatis berubah menjadi gajah.
b) Pemain yang berubah menjadi gajah berusaha mencari dan mengejar mangsa.
c) Pemain yang berperan sebagai gajah utama berusaha meraih pemain yang menjadi mangsa.
d) Pemain (mangsa) tampak mulai kelelahan.

No comments:

Post a Comment